5 Alasan Penyebab Perut Buncit

Dalam kebiasaan sehari-hari ada banyak faktor yang dapat memicu perut menjadi buncit. Kebiasaan tersebut bahkan sering tidak disadari, seperti kurang minum air putih, mengonsumsi makanan dan minuman manis, mengonsumsi makanan cepat saji, makan menjelang tidur, hingga mengalami stress. Ada dua jenis lemak yang biasanya menumpuk di perut yaitu lemak subkutan adalah lemak yang tersimpan di bawah lapisan kulit dan lemak visceral adalah lemak yang tersimpan di sekitar organ yang berada di area perut

Dari kedua jenis lemak tersebut, lemak yang paling memiliki pengaruh paling besar yang dapat membuat perut menjadi buncit yaitu lemak visceral. Memiliki perut buncit tidak hanya membuat penampilan jadi kurang menarik, namun dapat berisiko untuk kesehatan.Lemak yang menumpuk perut akan meningkatkan risiko timbulnya penyakit seperti serangan jantung, stroke. penyakit diabetes hingga masalah tekanan darah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk dengan segara mengurangi kebiasaan yang dapat memicu perut menjadi buncit. Selain itu, perlu dibantu dengan mulai menjaga pola makan server sensational serta olahraga yang teratur agar lemak di area perut dapat segera menghilang.

5 Alasan Penyebab Perut Buncit

Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol merupakan penyebab lainnya dari perut buncit. Ini dikarenakan alkohol dapat meningkatkan jumlah lemak yang ada di dalam perut . Dilansir dari jurnal Current Obesity Reports, terdapat beberapa alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi, yang pertama, alkohol ternyata dapat meningkatkan kalori makanan yang telah konsumsi sebelum atau pada saat meminumnya.

Yang kedua, alkohol dapat menurunkan hormon glucagon-like peptide 1 (GLP-1) serta hormon leptin. Apabila kedua hormon tersebut rendah dapat membuat tubuh jadi cepat lapar. Selain itu, konsumsi alkohol dapat meningkatkan asupan glukosa yang akan menyebabkan penumpukan lemak yang ada di area perut.

Makan Terlalu Malam dan Menjelang Tidur

Kebiasaan lainnya yang dapat menyebabkan perut buncit berikutnya yaitu jadwal makan yang terlalu malam dan menjelang jam tidur. Karena pada saat malam hari, tubuh membutuhkan istirahat yang membuat produksi insulin yang berfungsi sebagai pengolah kalori menjadi lebih rendah. Yang terjadi yaitu menyebabkan banyak kalori yang tidak diolah dan akan disimpan menjadi lemak di area perut.

Makan Sambil Melakukan Aktivitas Lain

Penyebab perut buncit yang terakhir adalah makan sambil melakukan aktivitas lain yang dapat memecah konsentrasi dan membuat tubuh mengirim sinyal masih lapar, sehingga cenderung untuk menambah pors lagi. Hal tersebut berpotensi membuat asupan makan jadi terlalu banyak, sehingga menimbulkan perut buncit

Sering Makan Junk Food

Kebiasaan mengkonsumsi junk food atau makanan cepat saji merupakan penyebab yang memicu perut jadi buncit serta berat badan naik. Karena, di dalam junk food tersebut banyak mengandung lemak, kalori, serta memiliki gizi yang rendah.

Postur Tubuh Yang Buruk

Penyebab perut buncit lainnya yaitu memiliki kebiasaan berdiri serta duduk yang buruk. Hal tersebut dapat mempengaruhi postur tubuh. Postur tubuh sweet bonanza uang asli yang buruk dapat membuat tubuh terlihat gemuk serta perut membuncit, dimana dapat terlihat dari badan yang membungkuk serta panggul menonjol ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *